Cara Mengobati Sakit Mata Yang Cepat dan Alami Ini Sangat Ampuh

Ads disini1
Ads Disini2
Sakit mata memang bukan termasuk ke dalam jenis penyakit berbahaya. akan tetapi, terserang sakit mata akan sangat mengganggu produktivitas kalian sehari-hari. Hampir seluruh kegiatan membutuhkan kinerja mata yang prima. Harus menjalani aktivitas dengan mata sakit akan terasa sangat menyebalkan, bukan?

Banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi sakit mata, baik secara medis maupun secara alami. Akan tetapi, sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi sakit mata dengan cepat, ada baiknya jika kalian mengetahui jenis-jenis serta penyebab penyakit pada mata. Terbisa banyak jenis penyakit yang bisa menyerang mata kalian. Sebagian penyakit mata itu memang tak berbahaya, akan tetapi ada juga penyakit mata yang berpotensi menyebabkan kebutaan. Selain itu, ada beberapa penyakit mata yang bisa menular kepada orang lain. Berikut merupakan penyebab dan jenis sakit mata yang perlu kalian ketahui.

Jenis-Jenis Sakit Mata dan Penyebabnya

Baca Juga : Tips Ampuh Agar Rambut Cepat Panjang

1. Konjungtivitis/Mata Merah
Ini merupakan jenis infeksi yang paling umum. Infeksi itu ditkaliani oleh mata merah karena iritasi. Tkalian-tkalian lainnya merupakan mata menjadi bengkak, gatal, serta mengeluarkan cairan bening yang encer. Penyakit itu biasanya disebabkan oleh virus yang menjangkiti mata. Pada beberapa kasus, penyakit itu juga bisa disebabkan oleh alergi dan bakteri. Konjungtivitis merupakan penyakit yang menular. Oleh karena itu, penderita penyakit itu harus menggunakan kacamata hitam atau menghindari kontak mata dengan orang lain agar penyakit tersebut tak menular.

2. Hordeolum
Jika masih asing dengan istilah ini, kalian mungkin lebih mengenal istilah bintilan/bintitan. Ya, Hordeolum merupakan kondisi di mana mata terkena bakteri staphylococcal yang terbisa pada permukaan kulit. Bakteri itu bisa menyebabkan munculnya tonjolan/bentol kecil berwarna pada sudut mata. Mata bintilan akan terasa sangat sakit dan gatal apabila dibiarkan terus-menerus.

3. Belekan
Sakit mata lainnya yang disebabkan oleh bakteri merupakan belekan. Belekan bukan hanya merupakan kondisi yang muncul saat kita bangun tidur, tetapi juga bisa menjadi penyakit pada mata. Kondisi belekan ditkaliani dengan sulitnya membuka mata pada saat bangun tidur. Hal tersebut terjadi karena bakteri pada mata mengeluarkan cairan kental berwarna kekuningan yang kemudian menumpuk di sudut mata. Tumpukan cairan inilah yang kemudian disebut sebagai belek. Sama halnya dengan konjungtivitis, penyakit belekan juga bisa menular ke orang lain dengan melakukan baik kontak langsung maupun kontak mata.

4. Blefaritis
Blefaritis merupakan peradangan pada tepi kelopak mata sehingga menjadikan bagian tersebut bengkak dan memerah. Penyakit itu bisa menyerang berbagai kalangan usia. Meskipun begitu, blefaritis tak bersifat menular. Gejala dari penyakit itu merupakan kelopak mata akan terasa gatal, mata berair dan terasa panas, serta terjadinya pengelupasan kulit di sekitar mata. Selain itu, lama-lama bulu mata juga akan menjadi berkerak atau berminyak dan penglihatan menjadi buram. Apabila tak segera ditangani, blefaritis berpotensi menimbulkan komplikasi seperti kerontokan bulu mata dan bentuk tepi kelopak mata berubah (melipat ke dalam atau ke luar).

Baca Juga : Cara Menghilangkan Panu

5. Orbital Cellulitis
Orbital Celullitis atau selulitis orbitalis merupakan salah satu infeksi mata yang cukup berbahaya. Penyakit itu biasanya menyerang anak-anak dengan rentang usia 7-12 tahun, terutama untuk mereka yang menderita sinusitis. Meskipun begitu, penyakit itu juga bisa menyerang orang dewasa.

Orbital Cellulitis biasanya disebabkan oleh bakteri streptococcus, staphylococcus dan haemophilus influenzae type B. Selain itu, penyakit itu juga bisa disebabkan oleh jamur yaitu Mucor dan Aspergillus. Bakteri atau jamur yang sudah masuk ke dalam bagian mata itu akan berkembang dan menimbulkan infeksi yang berbahaya untuk mata.

Penyakit itu ditkaliani oleh beberapa gejala, diantaranya:
  1. Bengkak dan nyeri pada kelopak mata bagian atas dan bawah, serta pada alis dan pipi
  2. Penglihatan menjadi buram
  3. Mata sakit ketika digerakkan
  4. Demam
Penyakit itu termasuk ke dalam penyakit yang bisa menimbulkan kebutaan apabila tak segera ditangani.


Mengatasi Sakit Mata dengan Bahan Alami
Untuk mengatasi penyakit-penyakit dan infeksi mata di atas, tak selalu memerlukan biaya yang besar serta perawatan yang canggih. mengatasi sakit mata bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang gampang kita bisakan di sekitar kita. Berikut itu merupakan 15 alternatif bahan alami yang bisa kalian coba untuk mengatasi sakit mata dengan cepat:

1. Kompres Air Hangat
Mengompres mata dengan menggunakan air hangat merupakan cara yang paling gampang dan ampuh untuk mengatasi sakit mata baik yang disebabkan oleh debu, bakteri, maupun alergi. Sebelum mengompres mata, bersihkan mata kalian dari debu, belek, atau kotoran lainnya. Lalu celupkan handuk kecil ke dalam air hangat dan mulai kompreskan pada mata kalian. Pastikan air hangat dan handuk yang kalian gunakan pun sudah terhindar dari bakteri dan kotoran.

2. Larutan Air Garam
Selain air hangat, air yang sudah diberi garam juga ampuh untuk mengatasi mata gatal. Garam mempunyai kandungan alami yang bisa membunuh bakteri penyebab sakit mata. kalian bisa menggunakan air garam itu dengan cara dibasuh pada mata ataupun dengan menggunakan kompres.

3. Teh Hijau
Teh hijau sudah dikenal sebagai salah satu minuman herbal yang mujarab dalam mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya merupakan mengatasi sakit mata. Akan tetapi, menggunakan teh hijau untuk mengatasi mata bukanlah dengan cara diminum. kalian harus menyeduh dua kantung teh hijau untuk menjadi air pencuci mata. Selain itu, kalian juga bisa meletakan bekas seduhan kantung teh hijau yang sudah didinginkan pada mata kalian sebagai kompres.

4. Air Mawar
Siapa yang tak menyukai bunga Mawar? Bunga yang cantik dan mempunyai aroma yang khas itu selalu menjadi favorit setiap wanita. Dibalik keindahannya, air mawar juga ternyata mempunyai manfaat yang baik untuk mengatasi sakit mata yang gatal dan memerah. kalian bisa menggunakan air yang sudah dicampur dengan mawar, atau air mawar dalam kemasan yang dijual di minimarket/apotek di sekitar kalian.

5. Susu Dingin
Susu segar tak hanya baik dikonsumsi untuk pertumbuhan tulang. Susu segar ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat mata, terutama mata bintitan. Penggunaan susu murni sebagai obat mata bukan dengan dikonsumsi. kalian hanya perlu menyiapkan kapas yang telah dicelupkan ke dalam susu dingin. Kemudian, tempelkan kapas tersebut ke bagian mata yang terkena bintitan. Kandungan dalam susu akan membantu menghilangkan bakteri pada bintilan sehingga menghilangkan bengkak pada mata.

Baca Juga : Makanan Ini Bikin Awet Muda

6. Bawang Putih
Selain menjadi bumbu masakan, bawang putih juga merupakan bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Getah dari bawang putih terbukti ampuh untuk mengatasi mata bintitan. Sebelum menggunakan bawang putih, kompreslah mata kalian terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Kemudian, irislah ujung satu siung bawang putih. Oleskanlah ujung bawang tersebut ke benjolan mata tersebut. Efeknya mata kalian akan terasa perih. Diamkan beberapa saat hingga mata kalian mengeluarkan air. Cara seperti itu sebaiknya dilakukan sebelum kalian tidur agar tak mengganggu aktivitas.

7. Kunyit
Manfaat kunyit untuk kesehatan sudah diakui selama bertahun-tahun. Kunyit merupakan antibiotik dan antiseptik alami untuk mencegah banyak infeksi pada kulit, termasuk pada mata. Sama seperti bawang putih, kunyit juga efektif menghilangkan bintitan serta bengkak akibat selulitis orbital pada mata. Selain itu, kunyit juga ampuh untuk menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab infeksi dan konjungtivitis.

Cara pemakaian kunyit pada mata cukup gampang. Campurkan 1 sendok makan kunyit dengan 2 cangkir air mendidih. Setelah didinginkan, saring campuran kunyit tersebut hingga tersisa airnya saja. Kemudian, gunakan air kunyit tersebut sebagai obat pencuci kelopak mata.

8. Biji Ketumbar
Salah satu bahan dapur yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata merupakan biji ketumbar. Bumbu itu juga mempunyai kandungan anti-inflamasi yang baik untuk mengurangi rasa sakit, bengkak dan kemerahan pada mata. Seperti halnya kunyit, biji ketumbar harus dicampur dengan air mendidih terlebih dahulu. Kemudian, air tersebut disaring dan digunakan sebagai air pencuci mata.

9. Bunga Chamomile
Bunga yang daunnya sering dijadikan teh itu bisa dijadikan obat tradisional untuk mengatasi blefaritis. Bunga Chamomile mempunyai kandungan zat penenang yang alami sehingga bisa mengatasi iritasi pada bagian kelopak mata dengan cepat. Selain itu, Chamomile bisa membunuh bakteri yang menyebabkan blefaritis.  Ada beberapa alternatif penggunaan bunga Chamomile untuk mengatasi blefaritis, di antaranya merupakan:
  1. Dengan mengonsumsi teh Chamomile secara teratur menjelang tidur
  2. Mengompres mata dengan bunga Chamomile yang sudah dikeringkan.
  3. kalian juga bisa mengolah blefaritis menjadi krim khusus mata. Penggunaan krim itu sangat ampuh jika Blefaritis kalian sudah mencapai tahap parah.
Baca Juga : Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami


10. Minyak Nabati
Selanjutnya cara mengatasi sakit mata dengan cepat bisa juga menggunakan minyak nabati. Minyak yang mempunyai kandungan nabati yang tinggi bisa digunakan untuk mengatasi iritasi pada kulit. Minyak nabati juga mempunyai kandungan antibakteri yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala konjungtivitis. Usapkan sedikit minyak tersebut di area sekitar mata dan kelopak sebelum tidur.

11. Daun Sirih
Daun sirih juga merupakan salah satu bahan alami yang sudah terkenal karena khasiatnya untuk kesehatan. Dengan pengolahan yang tepat, daun sirih bisa digunakan untuk mengatasi sakit mata dengan alami. Caranya cukup gampang. Siapkan tiga lembar daun sirih yang sudah dicuci terlebih dahulu.  Kemudian, rebuslah daun sirih tersebut dengan air hingga mendidih, lalu angkat dan dinginkan.

Jika sudah dingin, saring rebusan tersebut untuk mengambil sari air sirih. Kemudian, cairan itu bisa kalian aplikasikan pada mata melalui dua cara; yaitu dengan membasuhnya pada mata atau diteteskan seperti ketika menggunakan obat tetes mata. Jika diteteskan pada mata, maka kalian akan merasakan efek cukup perih, akan tetapi manjur. Meskipun daun sirih terbukti ampuh, pemakaian secara berlebihan akan membahayakan kesehatan mata.

12. Daun Patikan Kebo
daun patikan keboJenis daun itu mungkin masih sangat asing di kuping kalian. Daun yang mempunyai nama latin Euphorbia Hirta biasanya tumbuh di daerah panas serta area rerumputan. Daun itu sudah lama dikenal sebagai daun ajaib karena mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya merupakan sebagai obat untuk mengatasi mata belekan, bengkak, serta iritasi. Menggunakan daun patikan kebo tak memerlukan pengolahan yang rumit. Ambillah getah pada bagian daun, kemudian oleskan di area mata kalian. Pemakaian secara rutin (2-3 kali sehari) akan membuat perawatan menggunakan daun patikan kebo semakin efektif.

13. Madu
Madu merupakan bahan alami yang sudah terkenal akan khasiatnya. Selain menambah daya tahan tubuh, madu juga berkhasiat efektif untuk mengatasi sakit mata, terutama mata belekan. kalian hanya perlu menyiapkan sebuah kapas dan madu murni secukupnya. Pertama, cucilah mata kalian terlebih dahulu dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi oleh air hangat. Sebaiknya gunakan satu kapas untuk satu kali usapan saja agar tak terkontaminasi bakteri lainnya. Kemudian, teteskan madu pada bagian mata yang terkena belekan. Gunakan selama tiga kali secara rutin hingga mata kalian benar-benar pulih.

14. Lidah Buaya
Tanaman itu tak hanya digunakan untuk perawatan rambut. Lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit mata, salah satunya merupakan gejala awal dari konjungtivitis. Tanaman yang berbentuk panjang dan mempunyai duri itu mempunyai kandungan Aloin dan Amodin, yang berfungsi untuk menghilangkan bakteri pada mata.

Jika kalian sudah mengalami gejala mata merah atau konjungtivitis, kalian bisa mencegahnya semakin parah dengan lidah buaya. Caranya, potonglah daun lidah buaya hingga keluar gel/cairan dari batang daun tersebut. Kemudian, tempelkan pada mata kalian. kalian juga bisa meneteskan gel atau cairan tersebut ke dalam mata. Hal tersebut sudah terbukti aman karena penelitian dari Pharmaceutical Biology pada tahun 2012 sudah membuktikan bahwa ekstrak lidah buaya bisa digunakan pada sel kornea mata dengan aman. Selain mengatasi konjungtivitis, mengonsumsi lidah buaya juga bisa membantu mengurangi minus pada mata kalian.

Baca Juga : Cara Mengobati Stroke Dengan Alami

15. Cuka Sari Apel
Cuka apel bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sakit mata yang memerah karena iritasi dan bakteri. Cara pengunaanannya pun cukup gampang. Campurkan satu sendok teh cuka sari apel dengan satu gelas air hangat. Kemudian, oleskan ramuan tersebut ke mata kalian dalam keadaan tertutup. Untuk megampangkan proses tersebut, kalian bisa menggunakan satu korek kuping yang masih bersih untuk setiap mata. Cuka apel harus diaplikasikan ke kedua bola mata meskipun yang sakit hanya sebelah. kalian tak perlu khawatir jika sebagian cairan tersebut masuk ke mata kalian karena aman. Terbisa efek sedikit tak nyaman pada mata akan tetapi tak bertahan lama.

Nah itulah tips mengatasi sakit mata dengan cepat dengan menggunakan bahan alami yang tak ada efek sampingnya. Bahan-bahan tersebut sangat gampang ditemukan sehingga kalian tak perlu khawatir akan sakit mata berkepanjangan. Hal terpenting yang perlu diingat merupakan kalian harus selalu menjaga kesehatan dan kebersihan mata kalian. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share ya...
Cara Mengobati Sakit Mata Yang Cepat dan Alami Ini Sangat Ampuh Cara Mengobati Sakit Mata Yang Cepat dan Alami Ini Sangat Ampuh Reviewed by Sastrawan Media on September 29, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.