Cara Mengatasi Ketombe Yang Membandel Dengan Mudah

Ads disini1
Ads Disini2
Ketombe atau dandruff merupakan serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan yang mengelupas dan melekat pada rambut bahkan pada nampak di bahu Anda.

Meskipun ketombe tak menular atau jarang sekali menjadi penyakit yang serius, namun keadaan ini dapat kelihatan memalukan dan kadang kala susah untuk ditangani. Ketombe bukanlah persoalan pada rambut atau seberapa sering Anda mencucinya. Ketombe merupakan problem pada kulit kepala.



Gejala ketombe benar-benar gampang dikenali. Serpihan kulit mati berwarna putih atau keabu-abuan dan kadang berminyak bisa nampak dengan terang ketika melekat pada rambut atau saat berguguran di bahu. Umumnya ketombe di sertai dengan rasa gatal yang timbul di bagiankulit kepala.

Meski pada bayi, ketombe yang timbul sering kali diartikan dengan nama cradle cap. Ini merupaka keadaan kelainan yang mengakibatkan kulit kepala bayi menjadi bersisik. Biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir, namun dapat juga timbul pada masa pertumbuhan bayi. Cradle cap lazimnya bukanlah sebuah situasi yang membahayakan dan cenderung sirna dengan sendirinya ketika bayi menjelang umur satu tahun.

Penyebab Munculnya Ketombe
Tubuh secara teratur akan merontokkan sel kulit mati sesudah menyusun sel kulit baru. Yang menjadi permasalahan yaitu sel-sel kulit yang tumbuh dan mati dengan terlalu pesat. Kematian sel kulit yang lebih pesat yang menyebabkan munculnya ketombe.

Penyebab percepatan pertumbuhan dan juga kematian sel kulit ini masih belum dikenal penyebab pastinya. Salah satu kemungkinannya ialah dermatitis seboroik, adalah sebuah keadaan yang menyebabkan kulit menjadi berminyak.

Terlepas dari itu, ada juga faktor lain yang dapat menimbulkan ketombe makin parah. Penggunaan produk perawatan rambut yang berlebihan, mengalami stres, dan terlalu jarang mencuci rambut juga dapat berisiko memperparah ketombe yang timbul.

Diperkirakan satu dari dua orang yang hidup di wilayah Eropa Barat dan Amerika Utara pernah mengalami rambut berketombe. Ketombe kerap kali timbul pada masa remaja atau puber. Ketombe lebih biasa terjadi pada pria ketimbang wanita. Sebagian penelitian mengira bahwa dengan mengkonsumsi minuman menandung alkohol yang berlebihan dan dibarengi dengan makanan yang terlalu asin, manis atau pedas dapat memperparah ketombe.

Pengobatan Ketombe
Pengobatan yang paling umum dan juga paling sering digunakan ialah dengan memakai sampo antiketombe/dandruff yang dapat dibeli di supermarket. Metode kerja setiap sampo antiketombe berbeda-beda. Anda dapat mencari produk yang paling cocok dengan anda.

Umumnya ketombe akan seketika beraksi kepada cara ini. Tetapi, kemunculan kembali ketombe merupakan hal yang wajar. Ketombe umumnya menghilang seketika namun akan kembali lagi. Apabila terjadi, penggunaan sampo antiketombe perlu dilaksanakan secara teratur.

Apabila sampo gagal membersihkan ketombe, segeralah untuk temui dokter. Anda mungkin memerlukan sampo antiketombe yang lebih kuat. Dokter akan memeriksa kulit kepala untuk mencari tahu apakah ada permasalahan kulit seperti infeksi jamur, dermatitis seboroik, atau psoriasis.

Ketombe jarang sekali berpengaruh pada keadaan yang lebih serius pada kesehatan Anda, tetapi rambut berketombe dapat mengganggu. Berikut ini unsur yang dapat menyebabkan munculnya ketombe pada rambut.

  • Kulit kering. 
Kulit yang kering merupakan penyebab yang paling biasa pada munculnya ketombe. Ketombe berdampak dari kulit kering yang biasanya lebih kecil dan lebih kering bandingkan ketombe yang diakibatkan keadaan lain. Umumnya Anda dapat memperhatikan gejala dan tanda-tanda kulit kering pada kulit kepala, umpamanya pada tangan dan juga kaki.

  • Iritasi dan dermatitis atau kulit berminyak. 
Situasi ini juga sering kali menyebabkan munculnya ketombe. Gejala yang timbul umumnya kulit berminyak berwarna merah dengan serpihan kulit putih atau sisik berwarna kekuningan. Dermatitis seboroik dapat memengaruhi tempat tubuh lain yang kaya akan kelenjar minyak, contohnya alis mata, hidung , tulang dada, selangkangan, dan ketiak.

  • Kurang keramas. 
Kala Anda kurang mencuci rambut, minyak dan juga sel kulit kepala Anda dapat menumpuk dan menyebabkan ketombe.

  • Eksema atau eksim. 
Ini peradangan kronis yang terjadi pada kulit. Eksim bisa membikin kulit kepala terasa gatal dan juga menimbulkan serpihan. Di negara Inggris, keadaan ini lebih sering terjadi pada anak kecil, dan data dari WHO mengungkapkan bahwa penyakit kulit ini juga banyak terjadi pada anak kecil di negara-negara berkembang. Tetapi seluruh orang juga dapat mengalaminya juga.

  • Psoriasis 
Ini merupakan situasi di mana sel kulit mati yang kering dan kasar menumpuk sehingga menyebabkan kulit bersisik. Psoriasis terjadi saat kekebalan tubuh memicu banyak sel kulit untuk tumbuh di setiap komponen tubuh, termasuk kulit kepala. Orang yang menderita psoriasis cenderung mengalami rambut berketombe.

  • Infeksi Jamur Malassezia. 
Malassezia umumnya hidup di kulit kepala tanpa menyebabkan penyakit. Namun kalau berkembang secara berlebihan, jamur ini akan menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Iritasi yang terjadi menyebabkan pertumbuhan sel kulit yang lebih pesat. Sel kulit yang berlebihan akan mati dan melekat pada rambut, dan akibatnya jatuh ke baju sebagai ketombe.

Unsur-unsur umum yang dapat meningkatkan produksi ketombe:


Umumnya pria akan lebih berisiko mempunyai ketombe yang disebabkan akibat hormon.
Stres dapat memicu munculnya ketombe.
Seseorang yang baru menjelang umur dewasa sampai umur separuh baya umumnya lebih berisiko menderita ketombe.
Makanan juga berdampak dalam kemunculan ketombe di rambut Anda. Apabila Anda kekurangan kandungan seng (Zn), vitamin B atau lemak tertentu, Anda akan lebih rentan berketombe.
Sebagian penyakit tertentu seperti HIV atau Parkinson bisa bikin penderitanya terkena ketombe.
Perubahan cuaca.
Rambut dan kulit kepala berminyak, bikin seseorang lebih gampang menderita ketombe.

Ketombe dapat dikontrol, tetapi pengobatannya memerlukan kesabaran dan juga ketekunan. Pengobatan yang paling simpel ialah| dengan memakai sampo antiketombe yang dapat dibeli dengan bebas. Namun sebab banyaknya produk sampo antiketombe, Anda mungkin mesti melaksanakan uji coba produk sampo mana yang paling cocok dengan Anda.

Tujuan dari pengobatan ketombe yaitu memperlambat reproduksi sel kulit kepala, perkembangan jamur yang menyebabkan munculnya ketombe. Dua hal yang wajib dipertimbangkan ketika akan mengobati ketombe sbb :

Tingkat keparahan ketombe
Ada banyak opsi sampo antiketombe yang dapat Anda beli. Berikut ini merupakan sebagian sampo antiketombe yang dibedakan oleh kandungannya.

Zinc pyrithione.

Zat ini berfungsi membunuh jamur yang dapat menyebabkan ketombe. Zinc pyrithione juga adalah zat antibakteri. Salicylic acid atau asam salisilat. Zat ini menolong melembutkan dan buang kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala. Apabila terjadi kulit kering sesudah menggunakan asam salisilat, pakai pelembap atau conditioner rambut sesudah menggunakan sampo itu.

Sampo berbahan ter.

Bahan ter dapat menolong memperlambat produksi sel kulit mati. Pada seseorang yang mempunyai rambut berwarna, sampo tipe ini bisa mengakibatkan perubahan warna rambut.

Selenium sulfide.
Zat ini berfungsi memperlambat produksi sel kulit mati dan menolong mengurangi pertumbuhan jamur. Bahan ini tak layak untuk rambut yang sudah menjalani perawatan kimia seperti diwarnai.

Ketoconazole.
Zat ini mempunyai pengaruh yang cukup kuat sebagai obat antijamur. Umumnya bahan ini dipakai kalau bahan lain tak memberikan hasil.

Intensitas penggunaan sampo antiketombe berbeda-beda. Dapat digunakan tiap hari atau dua kali dalam seminggu. Periksa pedoman yang ada pada kemasan produk sampo Anda. Terdapat sebagian sampo antiketombe yang tak direkomendasikan untuk digunakan wanita hamil dan wanita menyusui.

Pastikan untuk memijat kulit kepala Anda ketika berkeramas dengan sampo antiketombe ini. Diamkan sampo pada rambut Anda setidaknya lima menit supaya bahan dalam sampo itu bereaksi.

Tak seluruh sampo layak untuk seluruh orang. Saat gejala ketombe telah mulai mereda, penderita dapat mengurangi frekuensi |penggunaan sampo antiketombe. Tetapi, kalau gejala terus berlanjut dan berkepanjangan, temui dokter ahli kulit.

Sebagian produk perawatan rambut juga dapat berdampak dalam memicu ketombe. Kurangilah pemakaian produk perawatan dan juga produk kecantikan rambut untuk meringankan permasalahan ketombe Anda.

Berikut ini merupakan sebagian bahan alami atau natural yang dapat dipakai untuk mengatasi ketombe:

Lidah buaya.
Berdasarkan penelitian, cairan dari daun lidah buaya dapat dipakai untuk menangani kulit bersisik penderita dermatitis seboroik dan juga meredakan rasa gatal pada kulit kepala.

Minyak pohon teh.
Pakai sedikit minyak ini secara khusus pada komponen yang bersisik di kulit kepala Anda. Tetapi bahan ini dapat memunculkan respon alergi pada beberapa orang.

Minyak zaitun.
Untuk menghilangkan serpihan kulit mati atau ketombe sementara, oleskan sedikit minyak zaitun pada komponen yang bersisik, lalu sisirlah kulit kepala pada tempat yang diolesi sesudah satu jam. Jangan mengulangi prosedur ini terlalu sering supaya rambut tak berminyak.

Nah itu dia Cara Mengatasi Ketombe Yang Membandel Dengan Mudah yang dapat Anda lakukan di rumah, semoga tips dan informasi ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk di share ya....
Cara Mengatasi Ketombe Yang Membandel Dengan Mudah Cara Mengatasi Ketombe Yang Membandel Dengan Mudah Reviewed by Sastrawan Media on Februari 01, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.