Manfaat Baik Bawang Merah Bagi Kesehatan

Ads disini1
Ads Disini2
InfoTips.Top - Bawang merah merupakan bumbu yang harus ada di dapur kalian. Bawang merah biasa dipakai sebagai bumbu supaya makanan lebih sedap. Disamping untuk menyedapkan makanan, bawang merah memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Salah satu manfaat bawang merah ialah untuk mencegah terjadinya perasertagan dalam tubuh.

Bumbu yang selalu ada di dapur ini memiliki banyak kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. tidak heran jika banyak yang menjadikan bawang merah sebagai bumbu makanan. Selain untuk menyedapkan makanan, bawang merah dapat membuat masakan lebih sehat untuk dikonsumsi. Disamping sebagai bumbu dapur, bawang merah juga dijadikan sebagai obat-obatan tertentu.

Kandungan Kimia


1. Kaya Akan Vitamin
Bawang merah memiliki bayak sekali vitamin di dalamnya. Vitamin yang terkandung di dalam bawang merah ialah vitamin C serta vitamin B6. Vitamin C yang terkandung di dalam bawang merah melebihi kebutuhan harian vitamin C. Kandungan vitamin C sendiri sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh sehingga kesehatan tubuh akan lebih terjaga.

Sementara itu vitamin B6 berperan aktif dalam meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru, sehingga tubuh akan lebih sehat karena sel-sel dalam tubuh akan terus beregenerasi.

2. Serat
Bawang merah memiliki serat yang dapat dipakai mengobati masalah pencernaan. jika kalian sesertag mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit, kalian dapat mengkonsumsi bawang merah. Selain mengobati masalah pencernaan, serat juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol, membantu mengontrol gula darah serta mengontrol berat baserta normal.

3. Allicin
Allicin merupakan senyawa aktif dalam tubuh kita yang berperan membunuh bakteri-bakteri serta kuman yang akan menyerang tubuh, sehingga tubuh terhindar dari penyakit. Di dalam bawang merah terkandung banyak sekali allicin yang dapat dipakai untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, allicin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi bawang merah secara rutin, dapat membantu menurunkan tekanan darah serta menjaganya supaya tetap normal.

4. Onionin A
Onionin A hampir ada di setiap bawang-bawangan, tidak hanya bawang merah saja, tetapi juga bawang putih. Onionin merupakan senyawa dalam tubuh yang bermanfaat mengurangi perasertagan serta rasa sakit dari berbagai macam penyakit yang diderita kita. Anionin A tidak hanya mengurangi rasa sakit untuk sementara, tetapi juga dapat mengurangi rasa sakit secara permanen.

Mengkonsumsi bawangmerah secara rutin juga tidak hanya mengurangi rasa sakit, tetapi juga dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti asma, alergi, arthritis atau rasertag sendi.

5. Organosulfur
Di dalam bawang merah juga memiliki organosulfur. Organosulfur sendiri berperan aktif dalam mengobati serta mencegah terjadinya kanker prostat serta lambung. Hal tersebut dikarenakan organosulfur menciptidakan lapisan pelindung di dalam tubuh kita untuk menangkal kanker yang berada di kelenjar prostat serta perut.

6. Quercetin
Senyawa kain yang ada di dalam bawang merah ialah quercetin. Quercetin sendiri bermanfaat sebagai antioksiserta, antiinflamasi, serta anti jamur. Antioksiserta yang terkandung di dalamnya berperan aktif untuk menjaga imun tubuh supaya tetap stabil serta tidak mudah sakit. Hal tersebut dikarenakan antioksiserta dapat menangkal radikal bebas yang dapat menjadi sumber penyakit.

Dengan mengkonsumsi bawang merah secara rutin dapat membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga akan lebih stabil serta terjaga. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengpakai bawang merah sebagai bumbu dapur, selain sebagai penyedap masakan juga dapat menyehatkan tubuh.

7. Kandungan Lain
Selain kendungan-kandungan di atas, bawang merah juga masih memiliki beberapa kandungan lain yang juga sangat baik untuk tubuh. Kandungan tersebut ialah kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor, serta kalium antioksiserta. Kandungan kalsium serta zat besi sangat sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang serta gigi. Kalsium mampu mencegah terjadinya osteoporosis, sesertagkan zat besi juga dapat mengobati terjadinya anemia.

Manfaat Bawang Merah


1. Membantu Menurunkan Kolesterol
jika memiliki masalah kesehatan terkait dengan kolesterol, tidak usah ragu untuk mengpakai bawang merah sebagai obat. menurut sebuah penelitian, bawang merah dapat bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi yang ada di dalam bawang merah juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, serta mencegah risiko stroke.

2. Melancarkan Pencernaan
Bawang merah memiliki serat yang tinggi. Serat sendiri bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, serat juga bermanfaat untuk mengobati masalah-masalah yang terkait dengan pencernaan, seperti sembelit misalnya. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi bawang merah secara rutin dapat melancarkan sistem pencernaan kalian.

3. Sebagai Antioksiserta dalam Tubuh
Bawang merah merupakan salah satu bawang-bawangan yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Vitamin C memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab yang menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Maka dari itu, salah satu manfaat bawang merah ialah untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh supaya tidak mudah sakit.

Antioksiserta juga berperan menangkal sel-sel kanker yang kanker yang akan menyerang tubuh kita. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi bawang merah setiap hari karena mampu mencegah serta mengobati kanker.

4. Memperkuat Tulang
manfaat bawang merah yang lain ialah untuk memperkuat tulang. Hal ini dikarenakan di dalam bawang merah terkandung kalsium serta zat besi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium juga dapat mempersangat baiki tulang yang rusak sehingga dapat terhindar dari penyakit osteoporosis.

menurut sebuah penelitian, orang yang mengkonsumsi bawang merah lebih banyak lebih terhindar dari masalah-masalah kesehatan yang terkait dengan tulang, misalnya osteoporosis. Orang yang mengkonsumsi bawang putih secara rutin cenderung memiliki tulang yang kuat dibandingkan orang yang jarang mengkonsumsi bawang merah.

5. mengobati Perasertagan dalam Tubuh
Bawang merah sangat efektif dalam mengobati perasertagan, sangat baik secara sementara maupun permanen. Hal tersebut dikarenakan sifat bawang merah, yaitu bersifat antiperasertagan. Sifat antiperasertagan tersebut sangat sangat baik untuk mencegah kerusakan dari dalam, sehingga tidak terjadi infeksi.

manfaat bawang merah yang lainnya ialah untuk menjaga kesehatan organ-organ tubuh. Hal itu dikarenakan kandungan antioksiserta yang tinggi di dalam bawang merah.

6. mengobati Perut Kembung pada balita
Balita-balita memiliki sistem kekebalan tubuh yang tidak stabil serta mudah terserang penyakit. balita-balita cenderung lebih rentan terkena masuk angin daripada orang dewasa. Masuk angin dapat menyebabkan perut terasa kembung. Bawang merah dapat mengobati perut kembung. Cara mengobati cukup mudah yaitu dengan menghaluskan bawang merah serta membalurkannya ke tubuh ditambah dengan minyak telon.

7. Meredakan Batuk
manfaat lain bawang merah ialah untuk meredakan batuk. Batuk jika tidak segera diatasi dapat mengganggu tidur kalian. Cara mengobatinya cukup mudah. jika kalian kurang suka terhadap obat-obatan, kalian dapat mengpakai bawang merah sebagai alternatif lain. Caranya cukup dengan membalurkan bawang merah yang telah dihaluskan pada tubuh.

Manfaat Baik Bawang Merah Bagi Kesehatan Manfaat Baik Bawang Merah Bagi Kesehatan Reviewed by Sastrawan Media on Agustus 26, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.