Manfaat Cacing Tanah

Ads disini1
Ads Disini2
InfoTips.Top - Cacing tanah adalah salah satu binatang yang memiliki bentuk menyerupai seperti tabung serta kaya akan fungsi serta khasiatnya untuk tubuh kita. Dengan melihat kondisi cacing tanah secara visual pasti banyak diantaranya yang merasa geli serta jijik. Padahal, setelah ketahui lebih lanjut cacing adalah salah satu sumber energi yang sangat tinggi karena kaya akan fungsi asam aminonya.

Salah satu cacing tanah yang kaya akan fungsi gizinya adalah lumbricus rubellus. Yang mana mengandung 76% protein. Selain itu, dalam suatu penelitian juga menyebutkan bahwa fungsi cacing tanah diantaranya dapat memerangi bakteri patogen terutama bakteri penyebab diare atau yang biasa disebut dengan Eschericia coli.

fungsi Nutrisi Dalam Cacing Tanah

Cacing tanah memiliki beragam fungsi nutrisi yang tentunya diperlukan oleh tubuh. Bahkan dalam 100 gram daging cacing tanah mengandung beragam nutrisi. serta seperti apa nutrisinya dapat kalian simak berikut ini

1. Abu 1.5%
2. Lemak 45%
3. Karbohidrat 17%
4. Lisin 5,16%
5. Treonin 3,28%
6. Glycine 3,5%
7. Asam glutamate 8,98%
8. Protein 76%

Fungsi Cacing Tanah untuk Kesehatan


Setelah kalian mengetahui tentang fungsi nilai gizi pada cacing tanah, berikut adalah fungsi cacing tanah untuk kesehatan tubuh yang tentunya belum kalian ketahui.

1. Menyembuhkan Luka

Cacing tanah juga memiliki fungsi untuk tubuh terutama dalam mempercepat dalam menyembuhkan luka. Hal tersebut dikarenakan fungsi protein dalam cacing tersebut dipercaya dapat membantu tubuh meregenerasi sel-sel tubuh yang telah rusak secara cepat.

Terlebih lagi cacing tanah juga memiliki fungsi asam arakidonat yang mana berguna untuk mempercepat tumbuhnya sel-sel baru tubuh kita. Kondisi itu tentunya sangat baik untuk proses penyembuhan luka yang memerlukan pergantian sel mati menjadi sel-sel yang baru.

2. Obat Demam

Telah banyak yang membuktikan bahwa binatang tersebut juga memiliki fungsi untuk membantu menurunkan demam tinggi. Selain itu, obat penurun demam dari cacing tanah tersebut dikenal lebih manjur dalam menyembuhkan demam dibandingkan dengan meminum obat-obat penurun panas yang beredar disekita kita.

3. Melancarkan sirkulasi darah

Dengan mengkonsumsi cacing tanah tersebut tentunya akan berfungsi untuk tubuh kalian yaitu membantu tubuh dalam melancarkan proses peredaran dalam darah. Karena cacing memiliki salah satu fungsi zat yang berguna untuk menyingkirkan lemak jahat yag bersemayam didalam darah sehingga akan menyebabkan aliran darah menjadi lancar kembali.

4. Menyembuhkan Tifus

Selain menurunkan demam, fungsi cacing tanah yang lainnya adalah dapat menyembuhkan penyakit tifus. Tifus adalah penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri salmonella. Dimana membuat banyak orang mencari serta ingin memiliki cacing tanah tersebut untuk menyembuhkan tifus.

Bahkan, ada juga obat dari cacing tanah yang diproduksi dalam bentuk sebuah kapsul yang mana berguna untuk memudahkan para peminumnya. Hal tersebut karena fungsi nutrisi dalam cacing tanah memiliki kemampuan yang sangat baik untuk melawan bakteri penyebab sakit tifus.

5. Mengatasi Konstipasi

untuk kalian yang masih awam dengan istilah konstipasi pastinya bertanya-tanya ya dengan arti dari istilah tersebut. Konstipasi adalah salah satu masalah pada buang air besar dimana feses menjadi lebih keras dari sebelumnya. Sehingga, akan mengakibatkan terjadinya luka-luka sekitar anus serta juga memicunya ambien.

Untuk mengatasinya kalian sebenarnya bisa mengkonsumsi berbagai macam jus herbal serta juga mengkonsumsi buah-buahan. Untuk lebih praktisnya kalian bisa menggunakan cacing tanah tersebut. Alasannya karena cacing tanah mengandung suatu nutrisi yang dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh.

Bila pencernaan dalam tubuh lancar, maka proses penyerapan makanan dalam tubuh akan berlangsung dengan normal sehingga buang air besar kalian menjadi lebih lancar.

6. Mengontrol Gula Darah

untuk kalian yang memiliki masalah dengan penyakit gula darah seperti diabetes. Maka, cobalah untuk mengkonsumsi daging dari cacing tanah tersebut. Karena daging cacing tanah tersebut sangat baik untuk para penderita diabetes. Dikarenakan dapat mengontrol kadar gula darah pada tubuh kalian dengan baik.

7. Meningkatkan Kekebalan

Cacing tanah mengandung protein yang mana berbeda dengan protein yang terkandung di dalam tubuh manusia. Biasanya, protein pada tubuh manusia memiliki sifat antibiotic serta protein pada tubuh cacing tanah tersebut memiliki sifat antimikroba.

Antibiotik tersebut berguna untuk melawan tubuh dari serangan bakteri serta virus di dalam tubuh seorang manusia dengan cara merusak jaringan-jaringan tubuhnya. Sementara mikroba berguna untuk membunuh bakteri serta virus tanpa merusak jaringa pada tubuhnya.

Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi daging cacing tanah akan membantu memperkuat kekebalan dalam tubuh. Alasannya karena fungsi dalam cacing tersebut membantu memerangi bakteri serta virus yang berbahaya dalam tubuh

8. Menambah Energi

Cacing tanah juga terdapat fungsi taunin loh, yang berarti senyawa yang membantu penguraian lemak dalam tubuh menjadi energi. Oleh sebab itu, selain berguna untuk memberikan tambahan energi, dengan mengkonsumsi cacing tanah juga akan mempercepat proses penurunan lemak saat menjalankan program diet.

9. Mengatasi Diare

Diare adalah salah satu penyakit yang biasa dialami oleh orang tertentu. Cacing tanah yang biasa digunakan sebagai salah satu obat tradisional dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

Cacing tanah memiliki sifat antimikroba, yaitu membunuh berbagai serangan bakteri tanpa menghancurkan jaringan-jaringan dalam tubuh. Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi cacing tanah tersebut dapat mengatasi penyakit diare yang disebabkan oleh bakteri E. coli tersebut.

10. Menambah Nafsu Makan

Entah itu disadari oleh kalian atau tidak cacing tanah sebenarnya memiliki fungsi protein yang cukup tinggi. Terdapat juga suatu fungsi enzim yang membantu proses metabolisme di dalam tubuh. Dimana membantu sistem pencernaan berjalan dengan baik serta terjaga fungsinya sehingga akan memberikan dorongan pola makan yang dibutuhkan oleh tubuh.

fungsi Cacing Tanah untuk Kecantikan

Selain memiliki khasiat pada bisertag kesehatan, cacing tanah juga berfungsi untuk kecantikan juga loh. Untuk lebih jelasnya simak saja ulasan berikut tersebut.

1. Mengatasi Berbagai Masalah Kecantikan

untuk kalian yang memiliki masalah dengan elastisitas kulit serta penuaan dtersebut, kalian bisa mencoba menggunakan cacing tanah tersebut. Dimana biasanya diproduksi dalam bentuk kosmetik sebagai salah satu dari bahan alami pembuatan produk-produk kecantikan. Karena ekstrak cacing akan mengatasi masalah kecantikan seperti kulit yang berkerut.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Sebagaimana yang telah kalian ketahui, cacing tanah terdapat fungsi minyak yang tinggi sehingga sangat bagus serta berfungsi dalam menjaga kesehatan pada kulit. Tentunya, dengan mengkonsumsinya secara teratur. Maka, kalian akan memiliki kulit yang sehat serta juga terhindar dari penuaan dtersebut serta keriput pada wajah.

Cara Menggunakan Cacing Tanah untuk Kecantikan

Saat tersebut cacing tanah dikenal sebagai salah satu produk kecantikan yang tersebar ke seluruh penjuru negeri. Produk-produk kecantikan dengan menggunakan bahan dasar cacing tersebut dapat berbentuk masker atau toner. Namun, bila kalian ingin membuatnya sendiri kalian cukup membutuhkan serbuk dari cacing tanah dengan campuran air yang sedikit.

Selain itu, kalian juga bisa menambahkan bahan-bahan alami lainnya yang tentunya memiliki efek yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit, seperti madu, minyak zaitun, serta lain sebagainya.

Efek Samping dari Cacing Tanah

Walaupun cacing tanah dipercaya memiliki banyak fungsi untuk kesehatan serta kecantikan. Cacing tanah juga memiliki efek samping yang akan terjadi bila kalian mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

Sebagai contohnya dengan pemberian ekstrak cacing pada orang yang menderita penyakit chron, maka alih-alih bukan menurunkan penyakit tersebut malah akan berfungsi sebaiknya yaitu meningkatkan resiko infeksi pada saluran pencernaan.

Nah itu dia manfaat baik cacing tanah yang sangat baik untuk kesehatan yang perlu kita ketahui, semoga informasi ini dapat bermanfaat, dan jangan lupa untuk di share ya...
Manfaat Cacing Tanah Manfaat Cacing Tanah Reviewed by Sastrawan Media on Agustus 25, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.