Cara Meningkatkan Produksi ASI

Ads disini1
Ads Disini2
Cara Memperbanyak ASI - Saat yang paling ditunggu dari seorang wanita ialah menjadi ibu bagi anak-anak mereka. Hamil serta melahirkan bayi menjadi hal yang mungkin tidak akan terlupakan. Hadirnya buah hati di tengah keluarga pun menjadi saat yang sangat membahagiakan.
Tak ingin melewatkan hal tersebut, para ibu hamil pun akan melakukan segala hal untuk mendukung tumbuh kembang anak mereka. serta salah satu hal yang paling penting dilakukan yaitu dengan memenuhi kebutuhan asupan asi bagi bayi mereka.
Semua ibu hamil pastinya selalu menginginkan asi yang dikeluarkan akan berlimpah. Namun, masalah yang sering kali muncul yaitu kurangnya produksi asi sehingga terkasertag ada ibu yang sama sekali tidak keluar asinya, meskipun sudah melakukan berbagai tips melancarkan asi yang disarankan dokter, atau orang tua yang sudah berpengalaman.
Karena Dalam setiap tubuh wanita mempunyai hormone yang berbeda-beda pula. Ada yang memilki asi berlimpah serta ada pula yang mengeluarkan asi pada beberapa hari pertama saja. Asertaya hal tersebut, kalian bisa melakukan tips melancarkan asi selama masa kehamilan.
Berikut beberapa tips memperbanyak ASI yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan produksi asi untuk buah hati kalian.
1. Membersihkan putting serta melakukan pijatan
Perlu di ketahui bersama bahwa saat trimester ke tiga, kalian bisa memulai membersihkan putting susu supaya jalan keluar asi kalian berjalan lancar dna tidak tersumbat. tips melancarkan asidi tahap ini kalian bisa membersihkan putting dengan menggunakan baby oil sebelum mandi.
Lakukan tips ini sambil memilin-milin putting terutama pada bagian lipatan di ujung putting. kalian bisa melakukan tips ini beberapa hari sekali.
2. Menyusui setiap 2 – 3 jam
tips melancarkan asi yang selanjutnya kalian bisa memberikan asi setiap 2- 3 jam, terlebih pada bayi yang baru lahir. Produksi asi dalam tubuh wanita akan mengikuti prinsip supply serta demand yang artinya tubuh akan memproduksi asi sesuai dengan kebutuhan bayi.
Sehingga, jika kalian rajin menyusui setiap 2-3 jam hingga bayi kalian merasa kenyang, maka payudara akan mengirim perintah ke otak supaya memproduski asi sebanyak kebutuhan tersebut. serta produksi asi pun akan bertambah dalam waktu 3-7 hari sesuai dengan instruksi tersebut.
jika kalian jarang menyusui atau tidak konsisten, maka produksi asi pun akan berkurang. kalian bisa menghabiskan satu payudara terlebih dulu, baru pindah ke payudara lainnya.
3. Memompa ASI
Memompa asi juga bisa kalian jadikan tips melancarkan asi yang paling sering di lakukan oleh para ibu hamil. Untuk para ibu baru, keterampilan menyusui mungkin belum cukup memadai. Kesalahan posisi saat memberikan asi dapat menyebabkan proses menyusui tidak efektif sehingga asi tidak keluar dengan lancar.
kalian bisa menggunakan pompa asi setiap kali selesai menyusui. Jangan pedulikan beberapa banyak asi yang kalian dapat, karena tujuan dari memompa ini untuk memberikan rangsangan juga simulasi pada payudara.
Tak hanya itu saja, dengan tips memompa ini dapat mengosongkan asi yang tidak dihabiskan bati sehingga payudara memproduksi asi kembali untuk selanjutnya mengganti asi yang sudah keluar.
4. Kontak langsung pada kulit
Bayi yang disusui dalam keadaan telanjang akan mendapatkan kontak langsung pada kulit dada. Hal ini juga bisa kalian gunakan sebagai tips melancarkan asi supaya cepat keluar.
Kedekatan emosi kalian miliki dengan bayi akan membantu memerintahkan otak untuk memproduksi asi yang lebih banyak. serta beberapa Negara yang mendukung program ibu menyusui untuk mengajarkan skin to skin contact ialah satu tips menyusui yang baik.
5. Kompres payudara
Saat menyusui, payudara terasa keras memang menjadi hal yang biasa. Jika payudara keras, maka bayi tidak dapat menghisap putting dengan baik sehingga asi pun tidak akan keluar.
Jika terjadi demikian, kalian bisa megompres payudara kalian dengan handuk selama beberapa menit. Dengan tips melancarkan asi ini maka payudara kalian akan melunak sehingga asi akan keluar dengan lanca
6. Mengkonsumsi makanan yang memperbanyak ASI
Beberapa sayuran hijau seperti daun katuk serta bayam ialah salah satu makanan yang dapat membantu meningkatkan produk asi. kalian bisa memperbanyak mengkonsumsi makanan kaya serat tersebut sebagai tips melancarkan asi yang mudah untuk dilakukan.
7. Memilih KB yang tepat
Pil mini ialah salah satu pil KB yang tepat untuk ibu menyusui karena terbukti pil tersebut tidak mempengaruhi hormone yang di perlukan untuk memproduksi asi. Pilihan lain yang bisa kalian lakukan kalian bisa melakukan KB yang tidak menyangkut dengan hormone, misalnya kondom.
8. Mencoba posisi menyusui yang paling tepat
Ketika pertama akali menyusui, kebanyakan ibu baru akan merasa sakit ketika menyusui. Asertaya hal tersebut banyak para ibu yang berhenti beberapa hari serta menggantinya dengan susu formula selama luka pada putting belum sembuh. Padahal, sutitusi dengan menggunakan susu formula dapat membuat produksi asi berkurang.
serta tips melancarkan asi yang paling tepat di lakukan, kalian bisa mencoba beberapa posisi yang paling pas untuk kalian. Dengan kalian menyusui dengan benar, maka seharusnya menyusui tidaklah terasa sakit.
9. Hindari stress
Hal ini tidak kalah penting untuk menunjang produksi asi. jika kalian ingin produksi asi kalian lancar maka pastikan kalian harus terhindar dari stress. Mengapa demikian? Stress akan sangat berpengaruh pada produksi asi.
tips terhindar dari stress, cobalah kalian untuk selalu berpikir positif dalam menghadapi masalah ataupun kondisi yang sesertag kalian hadapi. Jangan simpan beban pikiran kalian, namun kalian bisa menyalurkan hal tersebut kepada suami kalian supaya beban yang kalian rasakan dapat berkurang.
Kemudian, kalian bisa mendekatkan diri dengan tips beribadah karena ketenangan hati bisa dengan mudah didapatkan jika dengan dengan sang pencipta.
10. Merawat kesehatan payudara
Payudara menjadi sentral produksi asi dalam tubuh para ibu. jika payudara tidak dijaga kebersihannya maka dapat menghambat produksi asi yang ada. Oleh sebab itu, tips melancarkan asi yaitu dengan menjaga kesehatan payudara dengan baik.
Payudara juga menjadi media penyalur asi yang rentang penyakit seperti kanker payudara. Untuk menghindari hal tersebut, mulai dari sekarang kalian bisa menjaga kesehatan payudara kalian dengan mengganti bra setiap hari.
11. Konsumsi air putih yang cukup
Kekurangan air putih ternyata dapat menurunkan tingkat energy seseorang setips drastic. Oleh karena itu kalian bisa meningkatkan produksi asi dengan mengkonsumi air putih yang cukup. serta terkait dengan hal ini The Institute of Medicane merekomendasikan para ibu menyusui setidaknya 3 liter atau setara dengan 13 gelas setiap harinya.
12. Lakukan olahraga setips rajin
Selanjutnya tips melancarkan asi yang terakhir kalian bisa metode alami dengan rajin berolahraga. Biasanya olahraga yang dilakukan yaitu olahraga senam payudara yang dapat membantu memperlancar air asi. Jadi, kalian bisa melakukan senam payudara minimal 3 kali dalam satu bulan.
Praktekkan setips konsisten beberapa tips melancarkan asi diatas supaya dapat mendapatkan hasil yang kalian inginkan. Karena jika asi lancar, tentu saja bayi kalian pun akan sehat. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk di share ya...

Cara Meningkatkan Produksi ASI Cara Meningkatkan Produksi ASI Reviewed by Sastrawan Media on September 04, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.