Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Alami

Ads disini1
Ads Disini2
Pergantian musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya selalu berdampak pada kesehatan tubuh kita. Banyak orang yang terkena pilek serta mengalami masalah hidung tersumbat.  Bahkan akibat hidung tersumbat dapat menjadikan kepala terasa pusing serta mengganggu kegiatan sehari-hari terutama pada saat tidur. Selain dengan meminum obat, berbagai cara mengatasi hidung tersumbat berikut dapat kalian terapkan agar pernapasan kembali normal.


9 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat



1. Menghirup Uap Air Panas



Uap air panas dapat mengencerkan lendir yang menempel pada hidung serta menjaga suhu tubuh tetap lembab. Masaklah air hingga mendidih lalu taruh di wadah. Posisikan kepala di atas wadah lalu hirup uap air panasnya, namun jangan terlalu dekat. Gunakan handuk untuk menutupi kepala jika perlu agar uap air dapat terperangkap serta tidak cepat hilang.



2. Menghirup Uap Minyak Kayu Putih



kalian juga dapat menerapkan beberapa tetes minyak kayu putih pada air panas agar lebih efektif. Taruh air panas yang sudah dicampur dengan minyak kayu putih di sebuah wadah lalu hirup uapnya. Rasa hangat dari uap air akan mengencerkan lendir pada hidung serta ditambah dengan aroma minyak kayu putih yang dapat menenangkan pikiran serta melegakan pernapasan.



3. memakan Makanan serta Minuman Hangat



Makanan serta minuman hangat juga dapat mengencerkan lendir pada hidung. kalian dapat mencoba membuat jahe hangat, teh hangat, lemon tea, atau mint tea untuk melegakan pernapasan kalian. Makanan hangat seperti sup ayam juga amat baik ketika hidung kalian tersumbat, selain memberikan kehangatan pada tubuh, sup ayam juga mampu menambah kekuatan serta daya tahan tubuh.



4. Makan Makanan Pedas



Selain makanan hangat, kalian juga dapat memakan makanan pedas sebagai cara mengatasi hidung tersumbat yang mengenyangkan. Rasa pedas yang ada pada makanan dapat mengeluarkan lendir kalian dengan sendirinya. Selain itu rasa pedas juga dapat membuat pikiran kalian lebih plong serta terhindar dari sakit kepala. Kandungan makanan yang pedas juga dapat membuat tubuh kalian lebih fit.



5. memakan Bawang Putih



Bawang putih merupakan bahan makanan yang mengandung zat anti bakterial serta jamur. Dengan memakan bawang putih, maka bakteri penyebab hidung tersumbat dapat hilang. kalian dapat membuat tumis bawang putih untuk memakannya, atau dapat juga memakan mentahannya secara langsung. Dengan bawang putih, maka kalian tidak perlu memakan obat lagi untuk meredakan hidung tersumbat.



6. Membuang Ingus Secara Teratur



Cairan lendir pada hidung dapat menghambat jalannya pernapasan serta jika dibiarkan akan berdampak pada rasa sakit kepala yang luar biasa. Jadi sediakan tisu yang banyak untuk selalu membuang ingus secara teratur serta jangan menunggu hingga menumpuk. Jika masalah hidung tersumbat dialami oleh bayi, maka kalian dapat memakai alat aspirator (penghisap cairan hidung) yang dapat kalian beli di apotek.



7. Menghangatkan Baserta



Kondisikan  tubuh agar tetap hangat pada saat hidung kalian tersumbat. Selain mempernormal pernapasan, kondisi tubuh yang lembab akan memudahkan lendir untuk keluar. kalian dapat mengompres hidung memakai handuk yang dicelupkan ke air hangat atau berendam dengan air hangat. Kurangi penggunaan AC atau kipas untuk sejenak, serta jangan memakan minuman dingin terlebih dahulu.



8. Memijat Hidung



Rasa tidak nyaman ketika hidung tersumbat dapat menurunkan konsentrasi kalian sehingga tidak fokus dalam melakukan pekerjaan.  Untuk itu agar menghindari komplikasi berlebih seperti mata ngantuk serta sakit kepala, kalian dapat melakukan pijatan ringan pada bagian atas hidung. Selain membantu pernapasan hidung agar lega, pijatan ringan juga dapat membantu mempernormal lendir untuk keluar.



9. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi



Rasa tidak nyaman ketika hidung tersumbat juga akan terasa pada saat kalian tidur karena lendir dapat menghambat jalannya pernapasan. Untuk mengurangi dampak tersebut, maka usahakan agar posisi kepala pada saat tidur lebih tinggi daripada tubuh kalian. dapat dengan menambahkan bantal tambahan atau memakai dua bantal sekaligus untuk menjaga kepala agar tetap miring.



Nah itu dia cara untuk mengatasi hidung tersumbat yang dapat kalian lakukan di rumah, semoga arikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk di share ya...
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Alami Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Alami Reviewed by Sastrawan Media on September 04, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.