Manfaat Tersembunyi Daun Sambiloto

Ads disini1
Ads Disini2
Sambiloto merupakan tanaman yang bisa ditemukan di Thailand, Malaysia & Indonesia. Sudah sejak dahulu kala daun sambiloto dikenal sebagai salah satu tanaman obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Ciri-ciri tanaman ini memiliki ketinggian 90 cm & daunnya cukup banyak. Sambiloto mengandung berbagai macam zat kimiawi seperti andrographon, andrographosterin, homoandrographolide, diterpen lactone, andrographan & masih banyak lagi.

Berikut merupakan Manfaat Daun Sambiloto

1. Menyembuhkan Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan merupakan penyakit yang sangat menyiksa. Pasalnya penyakit ini bisa membuat seseorang sulit makan. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan Daun Sambiloto 10 sampai 15 lembar. Kemudian rebus menggunakan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas saja. Minum ramuan ini setelah dingin secara teratur.

2. Membakar Lemak Dalam Tubuh
Daun sambiloto mengandung tanin yang berguna melindungi tubuh dari zat berbahaya & serangan bakteri. Selain itu, tanin juga berguna dalam meluluhkan lemak tubuh. Sehingga bagi seseorang yang mempunyai tubuh gemuk, maka bisa mencoba diet menggunakan ramuan dari daun sambiloto.

Daun ini mengandung senyawa mustilago yang akan membentuk cairan kental guna melapisi dinding bagian dalam saluran pencernaan. Manfaatnya merupakan mampu mencegah peradangan, keasaman & iritasi. Senyawa ini juga berguna melancarkan sistem pencernaan. Jadi bisa melindungi usus dari pengendapan. Dengan demikian, maka pencernaan akan selalu sehat.

Cara membuat ramuan ini sangat mudah, pertama cucilah daun sambiloto sebanyak 5 lembar. Kemudian rebuslah menggunakan air sebanyak 250 cc sampai mendidih & hanya tersisa 2 gelas saja. Lalu tuangkan madu sebanyak 1 sendok makan agar rasanya tidak terlalu pahit. Minumlah ramuan ini selagi hangat.

3. Mengobati Tekanan Darah
Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gejala penyakit jantung & stroke. Perlu kalian ketahui bahwa manfaat daun sambiloto ini sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Bahkan pada sebuah hasil percobaan farmakologi, air rebusan dari daun ini dapat juga membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

4. Menyembuhkan Malaria
Daun sambiloto ternyata mampu mengobati malaria secara efektif. Cara membuat ramuannya yaitu ambil satu genggam Daun Sambiloto & cuci sampai benar-benar bersih. Selanjutnya rebuslah menggunakan air sebanyak 4 gelas. Setelah itu biarkan rebusan mendidih & hanya tersisa dua gelas air saja. Angkat & saring, lalu minum ramuan ini 3 kali sehari secara teratur.

5. Mengobati Penyakit Diabetes
Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang banyak menjangkit orang Indonesia. Namun penyakit ini bisa disembuhkan dengan rutin mengonsumsi Daun Sambiloto.

Cara membuat ramuannya sangatlah mudah. Pertama siapkan Daun Sambiloto satu genggam, kemudian cucilah hingga bersih. Setelah itu rebus daun ini menggunakan 3 gelas air. Rebuslah sampai matang atau mendidih, angkat & saring. Minumah selagi hangat pada pagi, siang & malam hari.

6. Menyembuhkan Demam
Demam merupakan penyakit yang sering menyerang banyak orang, biasanya karena kelelahan ataupun penyakit lain. Namun jangan khawatir, sebab penyakit ini dapat disembuhkan dengan mengonsumsi ramuan dari Daun Sambiloto. Cara membuatnya siapkan satu genggam Daun Sambiloto & cucilah sampai bersih. Jika sudah, tumbuk daun tersebut sampai setengah halus. Tambahkan dengan setengah cangkir air matang, saring & minumlah airnya.

7. Mengobati Gigitan Nyamuk
Manfaat Daun Sambiloto yang terakhir merupakan berguna menghilangkan racun yang ditimbulkan karena gigitan nyamuk. Untuk membuat ramuannya sangat sederhana. Ambillah Daun Sambiloto 1 lembar, kemudian cuci bersih. Kunyahlah daun sambiloto tersebut lalu tempelkan ke bagian kulit yang digigit nyamuk. Biarkan sampai gigitan tersebut tidak gatal lagi.

7 manfaat Daun Sambiloto semoga dapat menjadi referensi yang menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Dengan informasi diatas, kalian tentu bisa lebih paham bahwa daun yang sering kali tumbuh dengan liar ini memiliki banyak sekali manfaat. Semoga berguna dan selamat mencoba, jangan lupa untuk di share ya..

Manfaat Tersembunyi Daun Sambiloto Manfaat Tersembunyi Daun Sambiloto Reviewed by Sastrawan Media on Oktober 06, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.