Cara Cepat Haid atau Menstruasi dan Teratur

Ads disini1
Ads Disini2
Cara Cepat Haid atau Menstruasi - Pada umumnya yang menyebabkan terlambatnya datang bulan di tiap - tiap wanita itu berpariasi atau tidak sama. Disebabkan karena adanya beberapa faktor kenapa seorang wanita itu bisa terlambat haid atau menstruasi. Meski umumnya wanita itu mengambil kesimpulan terlalu cepat dengan menyebut sebagai tanda kehamilan, walaupun telat haid atau menstruasi itu hampir sama dengan gejala wanita yang sedang hamil. Memang benar terlambat haid merupakan salah satu tanda ketika kita hamil, namun umumnya tanda kehamilan akan timbul berbarengan sama gejala yang lain, seperti halnya mual serta muntah, kepala terasa pusing, badan cepat capek, dansebagainya. Jika hanya telat datang bulan aja tanpa ada gejala lainnya, itu bukanlah tanda hamil dan mungkin aja dikarenakan oleh faktor lain.

Terus Apa Penyebab Lamlambatnya Datang Bulan pada Wanita?

Haid atau Menstruasi itu terjadi dimana adanya peluruhan dinding bagian dalam rahim pada kaum hawa. Ovarium akan secara teratur menghasilkan sel telur, dimana apabila tidak dibuahi dapat memberikan sinyal kepada rahim agar memulai proses menstruasi tersebut. Apabila ovarium terlambat memproduksi sel telur, akan terlambat juga sinyal yang dikirimkan pada rahim. Keterlambatan menstruasi berarti akan berakibat sulit untuk menentukan kapan masa subur yang akan merepotkan kita untuk melakukan prediksi atau perencanaan untuk hamil.

Umumnya rata-rata setiap wanita mempunyai siklus menstruasi kurang lebih tiap 28 hari, dengan kisaran jarak 21 hari - 35 hari. Tanggal terjadinya menstruasi akan tidak sama di tiap - tiap bulannya, pastinya selalu bergeser beberapa hari, apakah itu maju atau mundur, kecuali apabila siklus menstruasinya memang berkisaran sekitar 30-31 hari. Lantas kenapa bisa terjadi terlambat datang bulan? Apa penyebabnya? mungkin banyak pertanyaan lain yang muncul dalam pikiran kalian, Berikut ini kami dari Info dan Tips mencoba merangkai artikel ini untuk memberikan sedikit penjelasan tentang mengapa terjadi keterlambatan Haid atau Menstruasi.

Baca Juga :  Cara Memberikan Kepuasan Seks Dengan Bermain di Area G-Spot

1. Masalah Psikis
Yang pertama kemungkinan besar dapat membuat seseorang wanita terlambat datang bulan ialah karena faktor psikis. sangat banyak faktor penyebabnya psikis atau stres ini, beberapa diantaranya adalah seperti tekanan lingkungan kerja, lelah, pekerjaan rumah tangga, maupun lain sebagainya. Stres atau psikis akan menyebabkan hormon yang dihasilkan tubuh tidak pasti, hal ini menyebabkan akan terlambatnya proses ovulasi, atau pelepasan sel telur oleh ovarium kita.

2. Faktor Usia
Selanjutnya adalah faktor dari penyebab terlambatnya datang bulan bisa dikarenakan faktor usia, Karena pada usia remaja tubuh mengalami banyak sekali perubahan hormon, badan yang saat melakukan menyesuaikan dengan hormon kewanitaan terkadang akan membuat terlambatnya datang bulan. Demikian pula pada saat usia 45-55 tahunan, dimana saat ini merupakan awal dari menopause, tubuh kita akan kembali mengalami masa perubahan yang dapat menyebabkan haid tidak teratur. Setelah tubuh kita benar-benar mengalami menopause, kita akan sama sekali tidak mengalami yang namanya haid atau mentruasi, hal ini di sebabkan karena ovarium kita sudah tidak menghasilkan sel telur lagi.

3. Faktor PCO
PCO atau sering juga disebut polycystic ovary merupakan dimana ketika tubuh wanita lebih banyak menghasilkan hormon pria Androgen-Testosteron dari pada hormon wanita Estrogen & Progesteron. Hal Ini akan membuat ovarium tidak dapat memproduksi sel telur yang bagus, dimana kemudian pelepasannya bukanlah ovulasi. Apabila tidak terjadi ovulasi, maka tidak akan terjadi haid. PCO ini juga dapat membuat kalian tidak haid dalam waktu cukup lama, bahkan juga dapat berbulan-bulan juga. Buruknya lagi adalah apabila tidak terjadi ovulasi maka juga akan susah untuk hamil juga.

4. Faktor berat badan
Penyebab selanjutnya merupakan faktor berat badan. Karena berat badan yang tidak ideal, baik itu lebih atau kurang dari berat badan ideal akan berdampak pada keterlambatan haid atau haid tidak teratur. Perubahan pada berat badan yang drastis juga dapat menjadi penyebabnya juga. Sebab berat badan dibawah ideal akan berdampak pada fungsi organ tubuh menjadi tidak maksimal, hal ini juga termasuk pada organ kewanitaan kalian ladies. Dan apabila berat badan terlalu ekstrim dibawah berat ideal, akan berdampak tidak terjadinya ovulasi sama sekali. Penyebab ini memungkinkan tubuh untuk memutuskan bahwa tidak berada pada kondisi ideal untuk mempunyai keturunan.

Obesita atau berat badan yang over juga akan mengakibatkan terjadinya tidak teraturnya atau sering telat datang bulan, beberapa penyebabnya juga karena faktor PCO juga. Obesitas atau over berat badan akan mengakibatkan tubuh menjadi meningkatnya kadar insulin, yang juga akan mengakibatkan ketidakseimbangan pada hormon lainnya juga. Yang perlu di camkan juga, obesita atau kelebihan berat badan bukan penyebab utama terjadi PCO, ada faktor lainnya juga yang dapat menyebabkan PCO.

5. Faktor Kelainan
Penyebab kelainan yang terakhir ini terdiri dari 2 macam, yaitu kelainan anatomi & non-anatomi. Faktor kelainan anatomi contohnya seperti penyakit kista ovarium atau kista indung telur, myoma uteri, dimana kanker juga dapat membuat siklus haid tidak normal, terlambat bahkan tertunda lama. Untuk faktor non-anatomi dapat berupa gangguan hormonal seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Penyebab non-anatomi lain yang bisa menjadi faktor terlambatnya datang bulan ialah penggunaan alat kontrasepsi yang berdampak pada pembekuan darah.
Metode Mengatasi Terlambat Datang Bulan dengan Cara Alami

Ada 5 penyebab terlambat datang bulan diatas tentunya tidak dapat disamakan antara satu wanita sama wanita lainnya, karena setiap wanita pastinya memiliki alasannya tersendiri. Hal ini juga dapat membuat sulit mengatasinya. Terlambat haid terkadang menjadi masalah tersendiri bagi setiap wanita, biasanya membuat bingung apakah teat haid ini merupakan suatu tanda kehamilan atau bukan, Sibuk memprediksi kehamilan karena masa subur yang sulit untuk diprediksi, mengganggu sekejul yang sudah direncanakan dengan matang, dan banyak lagi lainnya.

Baca Juga : Waspada, Penyakit Ini Bisa di Tularkan Lewat Toilet Duduk

Apabila kalian mengalami siklus haid yang datang terlambat, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah tetaplah tenang & tidak panik. Jangan dulu berpikir terlalu jauh apabila kalian belum tahu fakta-faktanya. Cari tau apa yang belakangan ini sedang kalian alami, dan cari tau pokok permasalahan mengapa kalian bisa sampai telat datang bulan. Yang pertama mungkin perlu kalian ketai adalah apakah kalian sedang berada dalam keadaan stres, tertekan, atau mungkin banyak pikiran?

Faktor Stres & terlalu sibuk beraktivitas bisa mengubah keseimbangan hormon seseorang dengan sangat mudah. Apabila memang ini penyebab terlambat haid kalian alami, coba untuk memulihkan keadaan mental dan fisik kalian ke normal. Bisa dengan cara beristirahat sambil mendengarkan musik yang kalian suka, mungkin lakukan hobi yang membuat kalian happy, berlibur, dan sebagainya. Bisa juga berusaha mengatur supaya jadwal tidur kalian teratur dimana ini akan membantu mempercepat proses pemulihan keseimbangan hormon

Tips melancarkan atau mempercepat datang bulan supaya kembali teratur selanjutnya adalah melakukan pola hidup sehat. Sangat penting untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur agar kebugaran tubuh kita dapat selalu terjaga. Lalu mengonsumsi makanan yang sehat juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh serta menjaga berat badan tubuh ahar selalu ideal, tak terlalu kurus & tidak juga berlebihan. Cara ini merupakan salah satu fator yang mempengaruhi menstruasi tetap lancar.

Rajinlah untuk mengonsumsi air jeruk nipis di pagi hari, hal ini juga bisa membantu menormalkan siklus datang bulan. Terlebih kandungan dalam jeruk nipis juga sangat bagus untuk kesuburan rahim. Untuk melancarkan datang bulan kalian dapat juga meminum segelas air rebusan daun sirih tiga kali dalam sehari. Perlu diketahui juga, air rebusan daun sirih dapat membuat lambung kita terasa perih apabila kalian tidak kuat dan tidak terbiasa, jadi jangan dipaksakan jika kalian merasakan hal tersebut. Selain itu kalian juga dapat meminum jamu khusu untuk telat haid yang terbuat dari ramuan alami seperti jahe, kayu manis, gula merah, dan sebagainya yang dapat kalian beli di toko obat atau swalayan.

Setelah mengetahui permasalaha, carilah solusi mengenai penyebab terlambat datang bulan dan mencobalah berbagai cara untuk mengatasinya, terkadang datang bulan memang tidak kunjung normal, maka baiknya kalian konsultasikan diri ke dokter untuk cari tauh penyebab pastinya. Hal ini penting sebab berkaitan dengan kesuburan kalian,serta bisa untuk mengetahuiapabila kalian menderita gangguan kesehatan lainnya.

Nah sekian dulu artikel ini kami tulis untuk mengupas lebih jauh mengenai apa saja penyebab terlambat haid serta cara mengatasinya. Semoga artikel dari Info dan Tips ini bisa memberikan pengetahuan, manfaat dan membantu kalian menemukan solusinya dari permasalahan yang kalian alami, akhir kata kami ucapkan terima kasih dan jangan lupa untuk di share ya....
Cara Cepat Haid atau Menstruasi dan Teratur Cara Cepat Haid atau Menstruasi dan Teratur Reviewed by Sastrawan Media on Februari 15, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.