Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid

Ads disini1
Ads Disini2
Haid atau sering juga disebutkan sebagai tamu bulanan / datang bulan yang memang datangnya setiap bulan merupakan siklus yang memang selalu di alami oleh wanita pada umunya. Siklus ini merupakan salah satu proses keluar darah dari rahim wanita yang sudah menjalani masa puber atau disebut juga fase menuju kedewasaan. Hal ini menunjukkan kematangan dari rahim wanita. Dimana ini merupakan proses luruhnya lapisan endomentrium sebab sel telur yang belum atau tidak dibuahi sel sperma pria.

Tetapi dalam proses tersebut, para perempuan sangat sering mengeluhkan karena adanya rasa nyeri yang menyerang pada saat sebelum haid. Rasa nyeri ini merupakan hal yang umum dan wajar dialami oleh perempuan. Nah berikut merupakan beberapa faktor penyabab rasa nyeri yang timbul saat siklus haid tersebut berlangsung.

Penyebab Rasa Nyeri saat Haid

Dan seperti yang sudah disebutkan sebelum, dimana haid merupakan proses luruhnya lapisan endomentrium pada rahim perempuan. Dimana dalam proses ini, otot-otot pada bagian dinding rahim terus berkontrasi sehingga akan terpicu oleh salah satu hormon yang dinamakan prostaglandin. Kontraksi ini merupakan kontrasksi halus yang dilakukan oleh dinding rahim supaya meluruhkan lapisan tersebut.

Tetapi pada berbagai kasus, kontraksi ini di pandang terlalu kuat. Sebab kontraksinya tidak hanya meluruhkan lapisan dalam rahim tetapi juga menakan beberapa pembuluh darah yang terdapat di dekat rahim tersebut. Penekanan atas pembuluh darah itu bisa mmeminimalisir suplay oksigen yang ada di dalam rahim. Apabila berkurangnya kadar oksigen dalam rahim ini, dapat memicu rasa sakit dan kram yang terasa pada perut wanita

Nyeri yang terasa merupakan salah satu hal yang umum dan wajar. Tetapi para perempuan harus tetap berhati-hati. Sebab hal ini apabila rasa nyeri telah terasa tidak wajar sehingga bikin pendarahan semakin keras, hal itu merupakan pertanda terdapat sesuatu yang salah pada tubuh kalian. Apabila terjadi hal tersebut, kalian harus cepat melakukan pengecekan ke dokter atau pakar kesehatan terdekat. Untuk menghindari keadaan yang makin parah atau bahkan hal - hal yang tidak di inginkan.

Cara Mengurangi atau Mengatasi Nyeri Haid

Umumnya, nyeri pada saat haid sebenarnya merupakan hal yang wajar dan normal di alami oleh perempuan, tetapi memang seringkali hal ini dapat mengganggu kita dalam beraktifitas. Nah berikut ini merupakan tips atau cara untuk meminimalisir rasa nyeri saat datangnya haid supaya tidak mengganggu aktivitas kalian.

1. Mengatur Pola Makan
Makanan yang kalian konsumsi memiliki peran aktif pada rasa nyeri haid yang kalian alami. Disarankan selama kalian menjalani masa haid, agar selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium dan antioksidan. Sebab pada beberapa makanan yang kandungan kalsium dan antioksidan tinggi bisa meminimalisir rasa nyeri yang menyerang saat kalian datang bulan atau haid.

Disamping itu pula kalian harus menjauhi atau mengurangi beberapa zat yang bisa menganggu haid kalian, seperti halnya kafein, soda, alkohol, serta rokok. Sebab hal ini disebabkan karena soda ataupun alkohol merupakan salah satu tipe minuman yang dapat berpotensi sebagai menyebabkan kembung pada lambung dan membuat resistensi air di tubuh kalian. Ini akan berpengaruh pada rasa sakit yang kalian rasakan pada saat haid. Oleh sebab itu perbanyaklah mengkonsumsi air putih supaya bisa meredakan rasa nyeri ataupun sakit pada saat mengalami menstruasi.

2. Olahraga
Hormon prostaglandin merupakan salah satu hormon yang mempengaruhi rasa nyeri pada rahim saat menstruasi. Agar bisa mengurangi jumlah produksi hormon tersebut atau membakar hormon tersebut salah satu trik yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan olahraga. Sebab dalam berolahraga hormon prostaglandin akan terbakar sehingga rasa sakit pada rahim yang menyerang kalian pada saat haid atau menstruasi bisa menurun atau berkurang secara alami.

Melakukan kegiatan olahraga pun tidak hanya bisa membakar hormon prostaglandin saja. Namun berolahraga juga mampu memproduksi hormon yang disebut beta endorphin. Manfaat dari hormon beta endorphin ialah sebagai perada rasa sakit, termasuk rasa sakit yang menyerang rahim kalian pada saat haid atau mentruasi.

3. Kompres Air Hangat
Mengkompres perut menggunakan air hangat juma mampu mengurangi rasa nyeri dan kram yang dirasakan pada perut bagian bawah. Sebab rasa nyeri yang diakibatkan oleh otot yang berkontraksi terlalu kuat, dengan air hangat, otot yang sebelumnya berkontrasi dapat bekerja dengan lebih rileks. Rileksasi ini juga akan mengurangi rasa sakit pada perut kalian.

4. Minum Teh
Apabila kalian saat ini sedang mengalami nyeri haid, jangan lupa untuk minum teh, dalam salah satu jurnal tentang agriculture and chemistry, dikatakan bahwa dalam teh terdapat kandungan zat untuk meredakan rasa sakit atau nyeri yang terdapat di dalam tubuh.

5. Minum Jahe dan Lemon Hangat
Rasa nyeri atau sakit pada di tubuh kita akan semakin menjadi-jadi jika kita sendiri tidak tenang. Sebagai salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit yang menyerang hanya dengan bersikap tenang. Dengan mengkonsumsi teh jahe dan lemon hangat, dapat memberikan efek tenang pada diri kita. Hasilnya, sakit yang kita alami saat menstruasi akan berkurang.

6. Meminum Jamu Tradisional
Jamu tradisional merupakan minuman yang terdiri dari racikan bahan-bahan yang alami. Jamu adalah salah satu minuman yang sudah dipercaya sejak zaman dalu sebagai minuman yang sangat ampuh mengobati berbagai macam keluhan di tubuh, nah salah satunya ialah nyeri pada saat haid. Jenis jamu yang umumnya dikonsumsi ialah kunyit asam.

Nah dari beberapa jenis cara tersebut diatas, kalian bisa lakukan salah satu dari ke 6 cara tersebut, jika cara satu tidak berhasil kalian bisa melakukan cara yang ke dua, hingga kalian menemukan cara yang tepat untuk tubuh kalian, semog informasi ini dapat bermanfaat, dan jangan jupa untuk di share Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid ini, supaya semakin banyak yang mengetahui cara alami ini.
Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid Cara Mengatasi Nyeri Saat Haid Reviewed by Sastrawan Media on Mei 18, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.