Ini Penyebab Utama Jerawat

Ads disini1
Ads Disini2
Jerawat merupakan sesuatu problem pada kulit yang sangat mengganggu yang dapat tumbuh di wajah, dalam mengatasi Jerawat memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun sebelum kalian mengatasi atau menghilangkan Jerawat pada wajah, ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab Jerawat tumbuh di wajah kalian.

Terdapat banyak hal yang dapat menjadi faktor tumbuhnya Jerawat pada wajah, bisa karena kebiasaan buruk kalian atau bisa juga dari makanan yang kalian konsumsi. Sebagai contoh saja apabila kalian kurang memperhatikan kebersihan wajah, hal tersebut dapat membuat wajah lebih mudah terpapar kotoran serta debu. Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan wajah, sepaya kalian bisa terhindar dari masalah kulit wajah seperti Jerawat.

Nah berikut ini adalah penyebab utama timbul nya jerawat pada kulit wajah yang perlu kalian ketahui.

Penyebab Jerawat Di Wajah

1. Mengusap atau menyentuh wajah pada saat tangan sedang kotor

Umumnya Setiap orang mempunyai kebiasaan buruk ini, sering menyentuh wajah pada saat tangan kalian kotor sangat tidak baik untuk kesehatan kulit. Hal tersebut memang tidak bisa kita sadari secara langsung, misalnya kalian baru saja memegang handphone, alat make up & benda lainnya lantas langsung menyentuh wajah. Nah hal inilah yang dapat menyebabkan Jerawat tumbuh pada wajah kalian.

Alangkah baiknya kalian rajin untuk membersihkan barang-barang yang sering kalian sentuh, supaya bakteri tidak menempel pada barang - barang tersebut. Selain itu apabila kalian telah melakukan kontak atau menyentuh barang-barang tertentu, kalian harus segera membersihkan tangan dengan cara memcucinya sebelum kalian mulai menyentuh wajah kalian. Hal ini untuk menghindari Jerawat tidak muncul yang disebabkan oleh tangan yang kotor.

2. Rambut yang kotor

Jangan anggap remeh rambut kalian, sebab rambut yang kotor bisa mempengaruhi munculnya Jerawat pada wajah. Kotoran di rambut yang menempel pada wajah dapat menyebabkan Jerawat, utamanya pada poni rambut yang menempel di dahi kalian. Oleh sebab itu cucilah rambut kalian dengan rutin, serta pastikan rambut kalian selalau dalam keadaan bersih.

3. Terlalu cepat menyerah pada obat Jerawat

Apabila kaliana melakukan perawatan wajah untuk mengatsi Jerawat, maka diperlukan waktu yang cukup dalam mendapat hasil yang diharapkan. Umumnya apabila kalian menggunakan obat Jerawat ini, maka hasilnya tidak akan kalian peroleh hanya dalam waktu satu minggu saja.

Nah untuk kalian yang sedang menggunakan obat Jerawat maka jangan terlalu cepat untuk mengganti obat apabila hasilnya masih belum maksimal. Sebab umumnya hasil dari penggunaan obat Jerawat akan terlihat hasilnya setelah 1 bulan penggunaan, atau bahkan ada yang lebih. Jadi jangan terlalu cepat untuk memutuskan penggantian merk obat Jerawat apabila belum memperoleh hasil yang sesuai keinginan.

4. Terlalu sering mencuci wajah atau menggunakan scrub di wajah

Mencuci wajah memang jadi hal yang sangat penting untuk selalu menjaga wajah kita agar bersih dari Jerawat, akan tetapi terlalu sering mencuci wajah juga tidak baik untuk wajah kita. Sebagai contoh saja apabila kalian menggunakan scrub di wajah terlalu sering. Apabila hal ini terjadi maka wajah bisa iritasi serta sensitif.

Wajah akan memproduksi minyak pada wajah untuk melembapkan kembali wajah secara alami, dan melindungi wajah. Kalian cukup mencuci wajah sebanyak 2 x dalam sehari saja, pastikan kalian menggunakan sabun yang cocok dan tepat dengan jenis muka kalian. Apabila Jerawat terlanjur muncul di wajah, jangan menggunakan scrub sebab akan berdampak pada wajah iritasi.

5. Cara mencuci muka yang tidak tepat

Mencuci muka juga harus diterapkan dengan benar, contohnya saja apabila setelah mencuci wajah kalian menggunakan handuk atau waslap, kalian perlu pastikan handuk dan waslap tersebut bersih dari bakteri serta kotoran. Sebab bakteri dan kotoran yang menempel pada wajah dari handuk tersebut akan jadi penyebab Jerawat tumbuh pada wajah.

Selain itu apabila anda terlalu sering mencuci wajah menggunakan scrub, maka wajah kalian akan terdampak iritasi bahkan terjadi peradangan pada wajah. Bahkan kulit wajah dapat rusak apabila kalian memakai scrub secara terus menerus.

6. Kebiasaan memencet Jerawat atau mengoreknya

Kebiasaan  mengorek atau memencet  Jerawat juga merupakan kebiasaan buruk yang harus kalian dihindari, sebab hal ini akan memicu tumbuhnya Jerawat baru pada wajah. Memencet Jerawat tidak akan membuat Jerawat cepat hilang. Yang ada wajah malah akan menjadi rusak akibat bekas pencetan tersebut, sebab akan meninggalkan bekas luka pada wajah.

Wajah yang terdapat bekas luka akubat pencetan jerawat, sangat tidak enak dipandang, dan hal ini pasti akan sangat mengganggu penampilan kita. Mengatasi bekas Jerawat di wajah justru lebih sulit jika dibandingkan dengan menghilangkan Jerawat sendiri. Maka dari itu pakailah obat yang tepat untuk mengatasi Jerawat kalian, supaya Jerawat dapat segera diatasi serta hilang dan meminimalisir bekas Jerawat pada wajah kita.

7. Kebanyakan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula

Dari hasil sebuah penelitian kandungan gula yang ada pada beberapa makanan seperti halnya roti putih, cake, coklat serta makanan lainnya yang mengandung banyak gula bisa menyebabkan Jerawat pada wajah. Oleh sebab itu, alangkah baiknya kalian tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi.

8. Produk olahan susu

Memakan makanan yang mengandung susu juga dapat menimbulkan Jerawat pada wajah, seperti halnya susu, keju, es krim, biskuit, & sebagainya. Sebab apabila kalian terlalu banyak mengkonsumsi makanan dari olahan susu tersebut, maka hormon insulin di dalam darah bisa berpotensi memperparah keadaan Jerawat kalian.

9. Gula rafinasi

Tahukah kalian dengan gula rafinasi, atau gula mentah yang diproses terlebih dahulu supaya menghasilkan tingkat kemurnian yang tinggi. Sebagai contohbya gula yang terkandung pada minuman yang bersoda, warna gula tersebut juga akan lebih putih jika dibandingkan dengan gula pasir yang kita ketahui pada umumnya.

Gula rafinasi tersebut sangat tidak bagus dikonsumsi terlalu banyak sebaba jenis gula yang ini lebih cepat diserap oleh tubuh. Dan akan berdampak pada kadar gula darah di dalam tubuh bisa meningkat, serta hormon insulin juga akan meningkat. Menurut sebuah penelitian, gula rafinasi ini dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan Jerawat, sebab termasuk pada jenis makanan yang manis.

10. Makanan cepat saji

Saat ini makanan cepat saji telah menjadi jenis makanan yang digemari dan telah menjadi salah satu gaya hidup di masa ini. Sebenarnya makanan ini tergolong jenis makanan tidak sehat, dan apabila terlalu sering makan makanan cepat saji tersebut maka akan memicu munculnya Jerawat pada wajah.

Berikut ini beberapa contoh makanan cepat saji yang sangat banyak dikonsumsi oleh banyak orang ialah burger, nugget, kentang goreng, milkshake & sebagainya. Oleh karena itu alangkah baiknya kalian tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji tersebut, meskipun memiliki rasa yang memang sangat enak.

11. Coklat

Makanan satu ini telah dikenal sebagai makanan yang dapat memicu Jerawat, dan umumnya orang yang menyukai makanan coklat ini adalah kaum hawa. Sehingga mereka  lebih rentan terpapar Jerawat ketimbang pria. Kandungan gula di dalam coklat dipercaya sebagai salah satu penyebab tumbuhnya Jerawat pada wajah.

Menurut suatu penelitian, dikatakan bahwa coklat bisa meningkatkan reaksi terhadap sistem imun tubuh kita, yang kemudian akan menghasilkan substansi interleukin. Hal inilah yang menjadi bakteri yang menyebabkan Jerawat tumbuh pada wajah kalian. Buruknya lagi bisa terjadi peradangan serta memperparah kondisi Jerawat.

12. Gorengan

Makanan gorengan merupakan jenis makanan yang digemari oleh setiap orang dari berbagai kalangan. Sebenarnya kandungan minyak yang ada pada makanan gorengan dapat menjadi pemicu timbulnya Jerawat pada wajah. Menurut sebuah penelitian terdapat sekitar 71% orang yang terpapar Jerawat pada wajah yang semakin parah, setelah mereka mengkonsumsi gorengan.

Nah itu dia penyebab utama jerawat yang perlu kalian hindari apabila tidak ingin memiliki wajah yang berjerawat, semoga informasi ini dapat bermanfaat, dan jangan lupa untuk di share ya...
Ini Penyebab Utama Jerawat Ini Penyebab Utama Jerawat Reviewed by Sastrawan Media on Juli 29, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.