Hati Hati!! Kenali Ikan Segar Yang Berformalin Seperti Ini

Ads disini1
Ads Disini2
Ikan adalah menu makanan yang sangat baik untuk kesehatan, selain rendah lemak dan kalori jahat, ikan sangat rendah akan resiko kolesterol, dan bahkan hampir tidak beresiko akan kolesterol, maka dari itu pemerintah menyarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan dari pada daging. Seperti yang di sarankan oleh mentri Kelautan dan Perikanan yang saat ini menjabat, beliau sangat menyarankan masyarakat untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan, karena seperti yang kita ketahui, perairan Indonesia sangat kaya akan Ikan.
Meski demikian, anda juga harus pintar - pintar untuk memilih ikan yang akan anda konsumsi, karena meski ikan yang anda beli nampak segar, namun belum tentu ikan tersebut memang betul - betul ikan yang segar yang baru di dapatkan oleh nelayan. Kaerena sekarang banyak sekali di temukan modus - modus untuk mengelabui konsumen, para penjual ikan memberikan pengawet sejenis Formalin pada ikan, agar ikan nampak lebih sehat dan segar layaknya ikan baru.

Formalin sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh kita, efek jangka panjang sangat tidak baik, banyak penyakit yang bisa diakibatkan dari mengkonsumsi secara tidak langsung Formalin tersebut, maka lebih jeli lah untuk memilih ikan yang akan anda konsumsi, kenali ikan yang betul - betul segar dan bebas dari Formali.

Berikut beberapa ciri dari ikan yang sudah terkontaminasi dengan formalin :

1. Warna Cerah dan Segar
Warna cerah dan segar adalah ciri pertama ikan yang sudah di Formalin, karena warna cerah dan segar adalah efek utama yang di hasilkan oleh Formalin, maka dari itu usahakan memilih ikan yang tidak terlalu cerah dan segar, bisa jadi ikan tersebut sudah di formalin, namun jangan pula memili ikan yang terlalu gelap, atau tidak cerah, pilih ikan yang normal saja, tidak terlihat cerah dan segar, dan tidak gelap pula.

2. Mudah Hancur
Meski tekstur ikan nampak segar, biasanya ikan yang sudah di awetkan dengan formalin akan lebih keras, dan sulit untuk di potong, namun ketika anda berhasil memotongnya, daging ikan akan lebih mudah hancur, nah itu juga ciri - ciri dari ikan yang sudah di awetkan dengan Formalin.

3. Keras
Seperti yang di jalaskan pada point 2, daging ikan akan mudah hancur ketika berhasil di potong, selain itu, ikan yang sudah di awerkan dengan formalin akan terlihat lebih keras dan kaku, layaknya mayat yang sudah di Formalin, akan keras dan kaku, hal inilah yang terjadi pada ikan yang sudah di Formalin.

4. Bau
Ikan yang di Formalin juga akan berbau busuk dan tidak segar, aneh seperti bukan bau ikan, meski dari segi sisi ikan tersebut terlihat segar dan fresh, namun ikan tersebut tidak berbau ikan layaknya ikan normal yang tidak di Formalin.

5. Tidak Di Hinggapi Lalat
Ikan segar atau busuk sekalipun akan mudah di hinggapi lalat, namun jika anda berbelanja ke pasar, ketika anda melihat ada ikan yang tidak di hinggapi lalat, namun sebenarnya di area tersebut terdapat lalat, anda patut curiga terhadap ikan tersebut, karena lalat tidak akan mau menghinggapi makanan atau ikan yang sudah di awetkan dengan Formalin.

6. Tahan Lama
Ketika ikan yang tidak di berikan formalin sudah mulai membusuk, namun tidak dengan ikan yang sudah di Formalin, ikan yang di Formalin akan terlihat segar dari pagi singga sore hari, dan bahkan bisa sampai esok harinya juga akan masih terlihat segar.

7. Warna
Warna ikan yang sudah di awetkan menggunakan Formalin akan terlihat putih bersih, namun sebenarnya ikan tersebut mengandung Formalin.

Itu dia beberapa ciri - ciri ikan yang sudah di awetkan menggunakan Formalin, ketahui sejak dini ciri tersebut untuk menghindari penyakit di waktu mendatang pada diri anda, Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lua untuk di bagikan.
Hati Hati!! Kenali Ikan Segar Yang Berformalin Seperti Ini Hati Hati!! Kenali Ikan Segar Yang Berformalin Seperti Ini Reviewed by Sastrawan Media on September 27, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.